Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Kamis, 06 Februari 2014

On 9:09:00 AM by Unknown in ,    No comments


Banyak hal yang sering kita lakukan setelah kita makan. Namun tahukah Anda, ada beberapa hal yang dilarang dan berakibat buruk terhadap kesehatan. Mungkin kita sering mengabaikan hal tersebut dan bahkan sering melakukan kebiasaan buruk tersebut sehingga merugikan kesehatan tubuh kita.
Mari perhatikan bagaimana kebiasaan-kebiasaan buruk ini merugikan tubuh kita.

1. Hindari makan buah-buahan setelah makan makanan berat (nasi)Sebaiknya kita mengkonsumi buah-buahan sebelum makan makanan berat (nasi). Hal ini dikarenakan:
a. Gula darah meningkat cepat setelah perut kosongKarena gula pada buah lebih cepat diserap, sehingga bermanfaat bagi mereka yang baru kosong perutnya atau ingin segera mengisi tenaga dengan gula. Misalnya makan pada pagi hari.
b. Penyerapan nutrisi lebih sempurnaNutrisi pada buah lebih dapat diserap sempurna, namun jika bersama makanan berat, maka tidak diserap sempurna.
c. Dapat digunakan untuk diet
Bisa untuk diet dan mengurangi porsi makan, kandungan serat pada buah membuat perut teras agak kenyang sehingga dapat digunakan untuk pola diet.
Oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi buah setelah 1-2 jam atau 1 jam sebelum makan.
2. Jangan minum teh atau kopi setelah makanMeskipun kopi dan teh baik untuk kesehatan, namun konsumsinya harus dibatasi. 
Untuk itu Anda harus tahu bagaimana caranya membatasi diri untuk menghindari efek sampingnya. 
Sebuah survei menyebutkan beberapa hal mengenai kebiasaan minum kopi dan teh setelah makan siang dan makan malam.
Dalam survei dijelaskan bahwa minum kopi dan teh setelah
makan akan berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Kopi dan teh menyerap
protein, zat besi dan vitamin dari makanan yang sebelumnya dimakan, sehingga
makanan tidak dapat dicerna dengan baik.
Ganti dengan minuman yang menyehatkan seperti air putih. Setelah beberapa jam baru bisa menyeruput kopi atau teh.
Jika Anda termasuk pecandu kopi atau teh, berikan jeda untuk minum kopi atau teh antara 1-2 jam setelah makan. Berikan waktu sistem
pencernaan untuk bekerja menyerap gizi yang terkandung dalam makanan sebelum
kopi atau teh masuk.
Jika Anda tidak bisa menahan rasa ketagihan teh dan kopi maka Anda harus mencoba mensiasatinya, yaitu dengan membuat kandungan kopi dan teh cukup ringan untuk pencernaan dengan menambahkan susu, atau es
krim pada kopi atau lemon untuk tambahan teh.
3. Jangan longgarkan ikat pinggangMeski seringkali kita merasa nyaman, namun melonggarkan ikat pinggang justru memperburuk keadaan lambung dan berakibat pada turunnya lambung akibat tekanan dalam perut yang diturunkan. Selain itu, melonggarkan ikat pinggang setelah makan juga dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.
4. Jangan mandiSuhu tubuh setelah makan mengalami penurunan namun, jika diteruskan dengan mandi sesaat setelah makan, maka kondisi suhu tubuh akan naik. Hal ini akan menyebabkan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang yang berakibat membuat fungsi lambung akan melemah dan menyebabkan sistem pencernaan menjadi kacau.
5. Jangan tidurBanyak orang mengaku bahwa setelah makan biasanya mengantuk. Namun, jangan ada baiknya Anda tidak menuruti rasa kantuk karena jika Anda menurutinya dan tertidur maka makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik sehingga mengakibatkan kembung dan terjadi peradangan.
6. Minum air dinginTidak ada ahli gizi yang menganjurkan untuk minum es setelah makan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh makanan yang tidak dapat dicerna akibat bertemu dan menggumpalnya sari makanan dengan air es. Sebaiknya ganti kebiasaan minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum air hangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih baik.
Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah makan. Mulailah memperhatikan beberapa hal kecil yang berakibat buruk bagi kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati!

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar