Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Kamis, 06 Februari 2014

On 9:17:00 AM by Unknown in ,    No comments


Apakah Anda sudah melakukan kebiasaan yang sehat? Tanpa kita sadari, hari-hari ini terasa semakin berbahaya. Udara yang semakin kotor, air yang sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia, makanan yang mengandung bahan pengawet dan masih banyak lagi hal lainnya yang kadang kita tidak mengetahuinya. Semakin banyak oknum dan orang-orang yang tak bertanggung jawab dalam membuat makanan dan merusak kesehatan kita. Terkadang makanan dan asupan sehat sudah kita pilih untuk dikonsumsi namun masih banyak lagi hal spele yang tanpa kita sadari dapat merusak kesehatan kita.
Berikut beberapa kebiasaan buruk yang terkadang fatal namun Anda tak menyadarinya:

1. Melupakan bahwa olahraga adalah kebutuhanSesibuk-sibuknya Anda dalam beraktifitas dan bekerja, usahakanlah sekurang-kurangnya dalam seminggu melakukan 2 kali aktifitas olahraga, atau dalam kata lain 3 hari sekali. Olahraga adalah kunci kesehatan. Olahraga adalah kebutuhan tubuh Anda. Banyak penyakit fatal dapat dihindari dengan cara ini. Masikah Anda melupakan jadwal olahraga Anda?
2.   Kurang tidur dan begadangTidur yang sehat itu 8-9 jam per hari, dan usahakan jam tidur Anda teratur, misal antara jam 10-11 malam. Dan lakukan aktifitas tidur pada setiap malamnya pada jam yang sama. Terkadang dalam aktifitas dan pekerjaan Anda yang sangat padat membuat Anda menyepelekan hal ini.
3.   Jangan merokok!Populasi perokok di dunia tidaklah sedikit, bahkan di Indonesia. Perokok memiliki jumlah yang sangat banyak. Ironinya mereka sangat paham bahaya merokok. Berusahalah untuk berhenti dan mengurangi sedikit demi sedikit porsi rokok Anda. Demi kesehatan Anda, masa depan Anda, dan keluarga Anda.
4.   Marah dan Stres yang berlebihHati yang gembira adalah obat yang manjur. Mungkin kalimat tersebut dapat menjadi inspirasi untuk Anda. Pola pikir, sikap mental, respon terhadap tekanan dan rintangan menentukan kesehatan Anda. Marah dan stres adalah hal yang sangat membuang energi sedangkan keadaan yang senang dapat menambah berbagai hormon yang membantu kesehatan. Jadi pilihlah untuk tetap bergembira dengan cara bersyukur dan tetap berpikir positif.
5.   Kebiasaan tidur yang salahTidur merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan kita. Namun tanpa kita sadari tidur sambil mendengarkan musik, menyalakan lampu sangat terang atau menyalakan TV di dekat Anda, sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik tersebut akan tetap diterima oleh tubuh kita melalui indera yang kemudian diteruskan ke dalam otak. Jika hal ini terus terjadi maka otak akan terus menerima gelombang dan pada akhirnya kegiatan otak yang seharusnya beristirahat akan terangsang kembali untuk terus bekerja. Hal ini juga hanya akan membuat tubuh kita beristirahat, namun kerja otak tetap berjalan yang membuat otak tidak beristirahat.
 6.   HandphoneHandphone atau yang sering kita sebut HP, secara tidak langsung memancarkan gelombang yang berbahaya terhadap tubuh kita. Radiasi berupa elektromagnetik ini berupa gelombang elektrik dan energi magnetik yang dapat berbahaya bagi tubuh kita. Dan apabila kondisi Handphone ini dalam keadaan lowbat, maka akan 7x lipat radiasinya sangat berbahaya. Hal ini dapat membuat pengguna Handphone tersebut mengalami kanker, sakit kepala, tumor otak, parkinson dan alzheimer.
 7.   Membersihkan telingaDalam hal ini, disarankan agar tidak terlalu sering untuk membersikan telinga. Karena jika telinga terlalu bersih, akan berakibat tidak ada yang melindungi telinga kita dari benda asing atau serangga yang masuk ke telinga. Menurut penelitian, tidak dibersihkan pun, telinga kita mempunyai mekanisme tersendiri yang dapat mengeluarkan kotoran telinga dengan sendirinya. Membersihkan telinga disarankan cukup 2 minggu sekali.
8.   HeadsetJika terlalu sering menggunakan headset akan berakibat pendengaran kurang baik dan membuat tuli permanen. Hal ini disebabkan karena headset yang terlalu sering dipakai akan merusak rambut halus yang terdapat di dalam telinga. Karena headset akan langsung bersentuhan dengan bulu halus di dalam telingan yang berfungsi sebagai penyaring suara yang masuk ke dalam telinga. Yang seharusnya suara tersebut melalui daun telinga terlebih dahulu.
Sehat itu mahal, jadi jagalah kesehatan Anda dan hindari kebiasaan buruk bagi kesehatan yang seringkali kita tidak sadari kita terus lakukan.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar