Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Jumat, 05 April 2013

On 1:15:00 PM by Unknown in ,    No comments

     Apakah Anda atau orang terdekat Anda merupakan pencinta binatang peliharaan?
Binatang peliharaan memang lucu dan menggemaskan apalagi bagi mereka yang tidak suka sendiri, kehadiran binatang peliharaan dapat membawa penghiburan dan kebahagiaan tersendiri. Bagi para pencinta binatang, binatang peliharaan dapat menjadi sahabat yang sangat karib karena binatang tersebut hidup dan tinggal bersama mereka. Tetapi para pencinta binatang peliharaan harus memperhatikan kebersihan dari binatang peliharaan mereka dan rajin untuk membersihkan tempat tinggal mereka untuk menghindari gangguan kesehatan.


     Salah satu contohnya adalah bagi para pencinta kucing. Binatang yang lucu ini ternyata membawa resiko berbahaya bagi para pemiliknya karena parasitToxoplasma gondii (T. gondii) yang sering ditemukan di dalam kotoran kucing ini, memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku tikus. Penelitian yang dilakukan pada tikus yang terinfeksi oleh parasit ini membuktikan bahwa infeksi yang disebabkan oleh parasit ini menyebar luas di otak dan mempengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan rasa takut. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa parasit ini juga mengubah perilaku dari manusia yang terinfeksi, membuat gerak refleks mereka lebih lambat sehingga meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas, juga parasit ini sering dikaitkan dengan penyakit skizofrenia dan perilaku sembrono sehingga dapat meningkatkan resiko memiliki keinginan untuk bunuh diri. Memang data ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, akan tetapiada baiknya kita waspada, karena mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

     Di samping itu, parasit T. gondii ini juga sangat berbahaya bagi para perempuan yang sedang hamil karena sang calon ibu dapat mentransmisikan penyakitnya kepada bayi di dalam kandungannya. Semakin awal transmisi terjadi maka semakin besar efek yang terjadi, parasit ini dapat menyebabkan keguguran, kerusakan otak atau mata pada bayi yang dikandung oleh ibu yang terinfeksi parasit tersebut.
Healing Quote:
“Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna."Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. (1 Korintus 10:23)
Alkitab mengajarkan kepada kita agar kita menjadi seorang yang bijaksana dalam bersikap. Kita boleh memelihara binatang peliharaan, tetapi pertimbangkanlah terlebih dahulu sisi negatif dan positifnya. Bertanggung jawablah dengan segala konsekuensi yang timbul dari keputusan kita untuk memelihara binatang peliharaan ini. Bila kita ingin memelihara binatang peliharaan, maka kita juga harus mau meluangkan waktu untuk menjaga kebersihan dan memelihara binatang itu dengan baik.

Sumber : www.hmministry.com

0 komentar:

Posting Komentar