Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Kamis, 06 Februari 2014

On 9:36:00 AM by Unknown in , ,    No comments


Mengetahui kadar kolesterol dalam darah penting artinya sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit pembuluh darah dan jantung. Pemeriksaan biasanya dapat dilakukan dengan tes darah di laboratorium.
Namun selain melalui pemeriksaan darah, sebenarnya ada tanda-tanda fisik yang dapat dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah. Apa saja tanda-tandanya?

1. Sering pusing belakang kepala
Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.
2. Tengkuk dan pundak pegal
Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.
3. Sering pegal di tangan dan kaki
Pembuluh darah di tangan dan kaki juga dapat tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus-menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.
4. Sering kesemutan di tangan dan kaki
Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.
5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk
Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.
Nah, kalau Anda merasakan lima tanda di atas sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter dan uji laboratorium.
Kolesterol dapat meningkat drastis dikarenakan pola makan kita yang salah. Kolesterol tinggi tidak terbentuk dalam semalam, tetapi perlahan-lahan.  Di bawah ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan bahkan tidak mengkonsumsinya sama sekali karena kandungan kolesterolnya terlalu tinggi:
1. Daging unggas
Daging unggas memang dianggap lebih minim risiko dibanding daging merah karena memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih rendah. Namun, jika dimakan dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, daging unggas juga akan memberikan efek negatif, salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.
2. Gula tambahan
Satu fakta yang cukup mengejutkan adalah gula tambahan ternyata berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol "baik" atau high density lipoprotein (HDL) dalam darah. Jadi, pengurangan gula tambahan dalam diet, selain mengurangi risiko diabetes juga memperbaiki kadar kolesterol.
3. Kentang tumbuk
Kentang tumbuk atau mashed potato ternyata memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terutama yang ditemukan di restoran karena mengandung mentega, krim, susu, keju yang berlebihan. Hal tesebut membuat salah satu sumber karbohidrat ini menjadi makanan tinggi lemak jenuh.
4. Pizza
Satu potong pizza mengandung 10 gram lemak dan 4,4 gram lemak jenuh. Angka itu belum termasuktopping yang mungkin mengandung lebih banyak lemak.
5. KelapaProduk kelapa seperti santan ataupun minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Namun, penggunaannya dalam skala sedang tidak terlalu berakibat buruk terhadap kadar kolesterol darah.
6. Produk susu
Produk susu memang mengandung banyak nutrisi yang penting seperti kalsium, protein, vitamin, dan mineral, tetapi juga mengandung lemak jenuh. Maka sebaiknya pilihlah produk yang rendah lemak.
7. Pai dan kue
Pai dan kue berbahan baku mentega, krim, susu, dan keju yang mengandung lemak jenuh. Maka satu gigitan pai dan kue sudah memberikan sumbangan kalori yang tinggi bagi tubuh.
8. Popcorn
Satu wadah popcorn ukuran sedang mengandung 60 gram lemak jenuh dan 1.200 kalori. Hal ini dikarenakan pengolahan popcorn membutuhkan minyak yang berpengaruh terhadap kadar kolesterol.
9. Kuning TelurKuning telur mengandung kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan makanan lain. Setidaknya terkandung 1234 miligram kolesterol dalam 100 gram kuning telur. Jumlah ini sama dengan 411 persen jumlah keseluruhan kolesterol yang boleh dikonsumsi setiap harinya. Jadi jika Anda mengkonsumsi kuning telur di pagi hari, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol lainnya setelah itu.
10. LeverBeberapa orang senang mengkonsumsi lever. Kolesterol diproduksi oleh lever, untuk itu lever mengandung banyak kolesterol. Dalam 100 gram lever terdapat setidaknya 564 miligram kolesterol atau sekitar 188 persen total kolesterol harian. Berdasarkan American Heart Association, orang dewasa dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol lebih dari 300 miligram sehari. Sementara satu ons lever sapi yang dimasak mengandung 331 miligram kolesterol.
11. ButterMargarin, mentega, atau butter digunakan dalam hampir semua makanan, seperti kue, roti, dan masakan lainnya. Berdasarkan healthaliciousness.com, 100 miligram butter mengandung 215 miligram kolesterol. Sementara satu sendok makan saja mengandung 30 miligram kolesterol.
12. UdangMakanan lain yang mengandung banyak kolesterol adalah udang. Setiap 100 miligram udang mengandung 195 miligram kolesterol. Satu ekor udang besar mengandung 11 miligram kolesterol dan satu ons udang mengandung 55 miligram kolesterol. Tak semua makanan laut mengandung banyak kolesterol, namun lebih baik memilih yang direbus daripada yang digoreng.
13. AyamMeski ayam mengandung sedikit lemak, namun cara memasaknya bisa memberikan perbedaan yang besar. Satu paha ayam dengan kulitnya mengandung lebih banyak lemak dan kolesterol dibanding burger dan es krim. Kulit ayam yang digoreng adalah penyebab ayam mengandung banyak kolesterol.
14. Makanan Cepat SajiSemua makanan cepat saji mengandung banyak kolesterol. keripik, telur, dan biskuit keju mengandung 172 miligram kolesterol tiap 100 miligramnya. Sementara itu satu biskuit mengandung 246 miligram kolesterol. Lemak jenuh menyebabkan cemilan dan makanan cepat saji menjadi penuh kolesterol. Lemak jenuh merupakan hasil dari penambahan hidrogen pada minyak sayur, yang biasa digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji.
15. KejuKeju merupakan sumber protein yang baik bagi para vegetarian. Selain itu, keju juga bisa merupakan sumber kalsium yang baik. Bagi non-vegetarian keju juga makanan yang enak dan biasa digunakan pada masakan atau kue. Dalam 100 miligram keju terdapat 123 miligram kolesterol. Per satu inci kotak keju terdapat setidaknya 21 miligram kolesterol. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan keju dalam masakan Anda atau mengkonsumsinya sehari-hari.
16. Daging OlahanJumlah kolesterol yang ada dalam daging olahan tergantung pada potongan daging dan jumlah garam yang ditambahkan dalam pengolahannya. Dengan begitu, tak akan ada bedanya antara daging ayam, kambing, domba, atau sapi. Ketika sudah diolah, bisa saja jumlah kolesterol yang ada di dalamnya setara.
17. Es KrimApakah Anda tahu bahwa segelas es krim mengandung lemak lebih banyak daripada hamburger dan mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan 10 buah donat? Jika Anda sudah mengkonsumsi banyak makanan berkolesterol, sebaiknya lewatkan es krim dan makan buah-buahan segar saja sebagai penggantinya. Buah-buahan segar mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan rendah kalori.
Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol setiap hari akan membuat kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar