Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Jumat, 05 April 2013

On 1:20:00 PM by Unknown in ,    No comments

Istilah “Global Warming” atau pemanasan global pasti sudah tidak asing di telinga kita, bukan? Pemanasan global yang dipacu oleh manusia adalah naiknya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan bumi yang diakibatkan oleh meningkatnya gas-gas rumah kaca, akibat dari efek rumah kaca. Gas-gas karbon yang kita keluarkan dari kendaraan bermotor kita, dari pembakaran sampah, dari pembakaran saat kita memasak, dll menyebabkan energi panas yang diterima bumi dari matahari tertahan di bumi karena lapisan gas karbon di atmosfer bumi memiliki sifat yang menahan panas, akibatnya suhu rata-rata permukaan bumi menjadi semakin tinggi.
Apakah dampak dari pemanasan global terhadap kesehatan kita?

1. Penyakit yang timbul dari perubahan cuaca dan lautan
Karena suhu bumi yang tinggi, es-es di kutub utara mencair dan mengakibatkan volume air di bumi semakin bertambah dan dapat menyebabkan banjir yang dapat menyebabkan penyakit diare, dan juga kerugian material yang cukup besar. Di sisi lain, meningkatnya suhu bumi dapat menyebabkan kekeringan di beberapa tempat yang akan meningkatkan resiko kebakaran hutan; gas yang timbul dari kebakaran hutan tidak baik untuk pernapasan kita dan gas tersebut akan menimbulkan efek rumah kaca yang lebih hebat lagi. Suhu yang tinggi juga telah menyebabkan meninggalnya orang-orang tua dan anak-anak di beberapa tempat seperti India karena penyakit yang dinamakan heat strokeDi samping itu, banjir maupun kebakaran dapatmenyebabkan gagalnya panen yang berdampak pada makanan yang kita konsumsi. Bencana alam tersebut juga dapat menyebabkan korban-korbannya mengalamimalnutrisi, penyakit kulit, trauma psikologis, dll akibat terbatasnya air bersih dan makanan bernutrisi.
2. Penyakit yang timbul dari pergeseran ekosistem
Pergeseran ekosistem terjadi karena meningkatnya suhu permukaan bumi, contohnya daerah pegunungan yang dulunya sejuk dan dingin semakin lama menjadi semakin panas. Tentu saja itu berdampak bagi para penghuni ekosistemnya. Nyamuk-nyamukAedes aegypti yang merupakan vektor penyakit demam berdarah yang cenderung menyukai daerah panas dapat lebih bebas untuk berkembang biak dan berakibat padameningkatnya resiko penyakit Demam Berdarah. Pergeseran ekosistem juga menyebabkan penyebaran penyakit melalui air, seperti kolera dan hepatitis A, semakin meningkat.
3. Degradasi Lingkungan
Degradasi lingkungan akibat pencemaran udara akan meningkatkan resiko penyakit saluran pernapasan seperti asma, alergi, penyakit jantung dan paru kronis, dan sebagainya. Penyakit-penyakit ini bila tidak ditangani dengan tepat dan serius dapat berakibat sangat fatal.
Healing Quote:
Setelah kita melihat berbagai dampak negatif dari pemanasan global terhadap kesehatan kita, marilah kita berusaha untuk mengurangi efek rumah kaca dengan usaha-usaha sederhana yang dapat kita lakukan seperti mendaur ulang sampah-sampah kering kita semaksimal mungkin, menghemat pemakaian listrik, lebih banyak menggunakan angkutan umum daripada mengendarai kendaraan sendiri, apalagi bila kita hanya bepergian sendirian. Kita juga dapat menanam tanaman-tanaman hijau yang dapat membantu mengikat gas karbon di udara dan menggantikannya dengan oksigen. Ingatlah, “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati” dan Tuhan pun ingin kita memelihara bumi yang telah diciptakan-Nya dengan baik.
“Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” (Kej 1:1)
“Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik” (Kej 1:31a)

0 komentar:

Posting Komentar