Artikel menarik seputar kehidupan kita sehari-hari

Jumat, 05 April 2013

On 1:12:00 PM by Unknown in , ,    No comments



Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, beberapa hal dalam hidup tak dapat terelakkan - contohnya stres. Dan stres yang Anda alami secara teratur dapat memiliki dampak nyata pada jantung Anda: respon alami tubuh terhadap stres termasuk detak jantung yang lebih cepat, peningkatan tekanan darah, dan lepasnya hormon stres. Karena kita tidak dapat menghindari stres sepenuhnya, penting bagi kita untuk belajar menghadapinya dengan cara yang sehat demi pikiran dan kesehatan jantung kita. 
Asosiasi Jantung Amerika (The American Heart Association) menunjukkan bahwa stres akut dan kronis juga dapat mempengaruhi faktor risiko dan perilaku kita seperti tingkat kolesterol yang tinggi, kecenderungan seseorang terhadap merokok, dorongan untuk makan berlebihan, dan kurangnya minat dalam aktivitas fisik. Robert Ostfeld, MD, M.Sc., seorang profesor kedokteran klinis di Montefiore Medical Center di New York City menambahkan bahwa stres dapat meningkatkan ketegangan pada pembuluh darah sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung. "Stres tidak sehat bagi jantung Anda," kata Dr Ostfeld, "tetapi ada berbagai teknik yang dapat membantu Anda mengurangi stres dalam hidup Anda." 

1. Membangun Sistem Dukungan
Mulailah dengan berbicara dengan pasangan Anda, keluarga, dan teman dekat tentang kesehatan Anda dan aspirasi Anda untuk mengelola stres dalam hidup Anda. Mereka mungkin dapat membantu Anda mengambil, mengurangi, atau mengurangi stres tertentu. Anda juga dapat mempertimbangkan bergabung dengan kelompok yang mendukung orang-orang dengan kondisi kesehatan jantung yang serupa. Atau anda juga dapat melakukan konseling secara pribadi untuk membantu Anda mempelajari cara-cara yang lebih efektif untuk mengatasi situasi yang membawa stres.
2. Kenali Pemicu Stres Anda
Belajarlah untuk mengidentifikasi hal-hal dalam hidup Anda yang memicu stres, apakah itu beban kerja pada pekerjaan Anda, hubungan dengan anggota keluarga atau teman-teman yang membuat frustasi, mengemudi dalam kemacetan, ketakutan seputar kondisi kesehatan Anda? Setelah Anda mengetahuinya, cobalah mencari tahu cara-cara untuk menghindari pemicu tersebut atau atasilah dengan lebih baik melalui peningkatan komunikasi, latihan pernapasan, manajemen kemarahan, atau bahkan terapi bicara.
3. Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai
Ostfeld menyarankan untuk berupaya mengambil waktu dari hari Anda untuk bersantai. Anda dapat mengambil 20 menit untuk membuat diri Anda rileks, contohnya dengan duduk dan berpikir, mandi, atau terlibat dalam aktivitas yang dapat menenangkan Anda seperti membaca, mengisi teka-teki silang atau mengatur pernapasan anda. 
4. Temukan Kegiatan Yang Dapat Menghilangkan Stres 
Jogging, bersepeda, berenang, dan mengajak anjing jalan-jalan adalah contoh aktivitas fisik yang tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi juga merupakan cara cerdas untuk mengurangi stres menurut Ostfeld. Pilih suatu kegiatan (atau beberapa) yang Anda nikmati dan lakukan secara teratur untuk menjaga tingkat stres Anda di bawah kendali, tetapi pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda sebelum memulai suatu program olahraga.
5. Menenangkan Jiwa Anda Dengan Musik
Musik dapat benar-benar membantu untuk memperbaiki suasana hati Anda dalam perjalanan Anda, di kantor, saat berolahraga atau bahkan saat berbelanja. Ketika Anda mulai merasakan efek dari stres, putar lagu, playlist, atau stasiun radio favorit Anda. "Mendengarkan musik yang menenangkan," tambah Ostfeld, "dapat juga menurunkan tekanan darah."
6. Pelajari Cara Mengatakan "Tidak" 
Salah satu cara terbaik untuk mengelola stres dalam hidup Anda adalah untuk menghindari mengambil tanggung jawab atau kewajiban sosial lebih. Tetapkan batasan dengan anggota keluarga atau teman-teman, bersikap tegaslah dengan beban kerja dan waktu anda dan rencanakan jadwal Anda sehingga Anda memiliki waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas anda. "Aturlah hidup Anda sedemikian rupa sehingga dapat membantu Anda mengelola stres," saran Ostfeld. "Dan jangan memusingkan hal-hal kecil."
Healing Quotes:
“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu” 1 Petrus 5:7.

0 komentar:

Posting Komentar